Tips Mengurangi Stress dalam Diri

            Stress merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya dan tekanan ini berasal baik dari dalam diri maupun dari luar diri individu. Oleh karena itu, kita perlu melatih diri kita untuk tetap dapat tenang dalam situasi yang penuh dengan tekanan. Dengan melatih diri kita untuk tetap tenang, kita juga dapat membantu orang lain menemukan ketenangan mereka. Apa yang harus kita lakukan untuk mengurangi stress dan kita tetap waspada terhadap kemungkinan tanda-tanda kelelahan dalam diri kita? Terdapat 5 (lima) hal yang dapat membantu kita untuk mengurangi stress dalam diri;

  1. Yoga

Salah satu kegiatan yang banyak disukai orang untuk mengurangi stress dalam diri adalah yoga. Pada saat yoga kita mengalami relaksasi antara pikiran-tubuh dan tubuh-pikiran yang dapat meningkat melalui kegiatan ini. Kita akan merasa lebih baik setelah melakukan yoga. Yoga juga dinilai dapat membantu menghilangkan stress secara alami, karena gerakan-gerakan dalam yoga memang merupakan gerakan untuk ketenangan jiwa dan merupakan cara paling baik untuk mengatasi stress.

  1. Berlari

Ketika cuaca dirasa ideal untuk berlari, jadi cobalah untuk berlari. Karena berlari memiliki berbagai macam alasan. Selain manfaat fisik, berlari membantu kita menjernihkan pikiran, sehingga membantu kita untuk dapat fokus kembali pada aktivitas-aktivitas kita dengan energi baru. Berlari juga menjadi salah satu olahraga yang dapat memberi rasa senang sehingga dapat mengurangi stress dalam diri. Hal ini dapat menjadi obat alami yang murah dan sederhana untuk meningkatkan kesehatan mental kita.

  1. Musik

Dengarkanlah streaming audio atau konten yang dianggap dapat mengurangi stress dan dapat membangkitkan minat kita. Para ilmuwan dari University of Missouri menyatakan bahwa mendengarkan musik dapat memperbaiki suansa hati. Berbagai jenis musik dapat meninggalkan kesan dan pengaruh yang berbeda-beda pada pendengarnya. Musik juga berpengaruh pada suasana hati atau mood seseorang dan dapat memberikan efek relaksasi pada pendengarnya.

  1. Kesehatan Mental

Kita juga perlu memeriksa kesehatan mental kita secara teratur. Jika kita sudah merasa bahwa kesehatan mental kita sudah tidak seimbang, hal yang dapat kita lakukan yaitu kita dapat mencatat kesehatan mental kita dan menilai hal-hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan pikiran dan perasaan kita. Kita dapat menuliskannya dimana saja, hal ini dapat membantu kita memahami cara memeriksa kesehatan mental kita dengan cara yang mudah dipahami. Hal ini juga dapat membantu kita terhubung kembali dengan diri kita sendiri dan membangun kekuatan yang ada.

  1. Istirahat dari Teknologi

Banyak orang yang menggunakan teknologi sebagai bagian dari karirnya dan sebagai alat penghubung kita dengan orang lain. apabila terlalu banyak teknologi, maka itu sangat melelahkan untuk diri kita. Teknologi tidak hanya merangsang kita secara emosional, tetapi cahaya perangkat juga berdampak pada otak dan tubuh kita. Ketika kita merasakan tekanan fisik yang berkaitan dengan teknologi, maka yang harus kita lakukan adalah mengambil waktu istirahat untuk memberikan waktu bagi kita untuk melepaskan dan meregangkan rasa lelah. Biarkan orang lain mengetahui bahwa kita akan offline untuk sementara waktu serta mendedikasikan sejumlah waktu tersebut untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat.

            Kita dapat meluangkan waktu kita setiap hari untuk menilai tingkat stress kita dan melakukan 5 (lima) hal diatas, hanya beberapa menit dalam sehari. Selamat mencoba.

 

 

 

Artikel bisa dilihat di https://ardanakonsultan.com/artikel/tips-mengurangi-stress-dalam-diri/