Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Tepat untuk Perusahaan

             Pengembangan sumber daya manusia adalah suatu upaya yang dapat dilakukan oleh seluruh perusahaan untuk membentuk karyawan yang berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan bekerja serta loyalitas kerja kepada perusahaan. Pengembangan sumber daya manusia merupakan sebuah upaya yang dapat dilakukan untuk membentuk dan menghasilkan manusia-manusia yang berkualitas yang memiliki kecakapan, kemampuan serta loyalitas dalam melaksanakan pekerjaannya di sebuah perusahaan. Pengembangan sumber daya manusia sangat dibutuhkan untuk kelangsungan sebuah perusahaan agar dapat berkembang secara lebih dinamis, karena memiliki karyawan yang berkualitas merupakan suatu aset terbesar bagi perusahaan. Untuk itu, segala hal yang berhubungan dengan karyawan sebaiknya dikelola dengan tepat.

            Perusahaan yang dapat mencapai kesuksesannya merupakan perusahaan yang mengerti bagaimana pentingnya strategi pengembangan sumber daya manusia dan mengetahui upaya apa saja yang harus ditempuh. Era globalisasi seakan memberikan arus teknologi dan infromasi serta mobilitas sumber daya manusia dari satu tempat ke tempat lain. Salah satu pengembangan sumber daya manusia yang harus dilakukan adalah melalui pendidikan. Pendidikan sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia, karena pengetahuan akan diperoleh salah satunya dengan pendidikan. Orang yang tingkat pendidikannya rendah, maka cenderung tidak memiliki kemampuan dalam bekerja. Perusahaan pun pada dasarnya menyeleksi calon-calon karyawan dengan melihat tingkat pendidikannya.

            Strategi pengembangan sumber daya manusia merupakan suatu perencanaan mengenai cara bagaimana kualitas sumber daya manusia mampu berkembang ke arah yang lebih baik dan meningkat kemampuan kerjanya, serta memiliki loyalitas yang baik terhadap perusahaan. Strategi pengembangan sumber daya manusia pada dasarnya tidak hanya dapat dilakukan melalui pendidikan dan pengembangan keterampilan saja. Namun, ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk membuat program pengembangan sumber daya manusia, diantaranya;

  1. Pelatihan

             Pelatihan memiliki tujuan untuk mengembangkan individu-individu dalam bentu peningkatakan keterampilan, pengetahuan dan sikap dalam bekerja

  1. Pendidikan

              Pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja dalam arti pengembangan yang bersifat formal dan berkaitan dengan karir karyawan.

  1. Pembinaan

               Pembinaan memiliki tujuan untuk mengatur dan membina manusia sebagai sub sistem organisasi melalui program-program perencana dan penilaian, seperti man power planning, job analytic, job classification, dan lain-lain.

  1. Rekrutmen

              Rekrutmen memiliki tujuan untuk memperoleh sumber daya manusia yang sesuai dengan klasifikasi kebutuhan organisasi dana sebagai salah satu alat organisasi dana pembaharuan dan pengembangan.

  1. Perubahan sistem

              Perubahan sistem memiliki tujuan untuk menyesuaikan sistem dan prosedur organisasi sebagai jawaban untuk mengantisipasi ancaman dan peluang dari faktor eksternal.

            Dalam pengembangkan sumber daya manusia tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena hal ini menyangkut kualitas sumber daya manusia untuk sebuah organisasi atau perusahaan. Sumber daya manusia yang berkualitas akan membantu perusahaan untuk dapat lebih berkembang dan dapat mencapai tujuan perusahaan.

            Strategi pengembangan sumber daya manusia dapat berjalan dengan baik apabila disertai dengan program dengan baik apabila disertai dengan program pengembangan sumber daya manusia yang direncanakan dengan matang. Sehingga diharapkan dapat membantu tercapainya tujuan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Perencanaan program pengembangan sumber daya manusia memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  • Menentukan kualitas karyawan
  • Menjamin ketersediaan karyawan di masa sekarang maupun di masa yang akan datang
  • Meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan tugas-tugas
  • Memudahkan proses koordinasi untuk meningkatkan kinerja karyawan secara optimal
  • Menghindari terjadinya kelebiha atau kekurangan karyawan
  • Menjadi sebuah acuan dalam pelaksanaan tugas-tugas pekerjaan yang menyangkut ketenagakerjaan
  • Menjadi suatu pedoman dalam menentukan program perekrutan, penyeleksian dan kedisiplinan karyawan
  • Menjadi sebuah landasan dalam pelaksanaan penilaian karyawan

            Bagaimana cara membuat program pengembangan sumber daya manusia yang terencana dengan baik? Berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk dapat membuat sebuah program pengembangan sumber daya manusia dengan perencanaan yang baik dan matang;

  • Langkah awal yang harus kita lakukan adalah dengan menentukan dan mengembangkan sasaran, tujuan, serta prioritas sumber daya manusia yang diperlukan.
  • Membuat kebijakan yang mendukung sosialisasi program hingga trelaksananya program pengembangan sumber daya manusia.
  • Melakukan proyeksi terhadap ketersediaan sumber daya manusuia atau membuat perkiraan jumlah karyawan yang akan dibutuhkan dan mempertimbangkan kebutuhan karyawan di masa yang akan datang.
  • Mengadakan program-program pelatihan keterampilan karyawan.
  • Lakukan evaluasi terlebih dahulu, apabila kita sudah melalukan langkah-langkah sebelumnya. Tahapan evaluasi ini merujuk pada tahapan yang telah dibuat sebelumnya oleh perusahaan. Hal ini berfungsi untuk memperkirakan apakah program yang telah direncanakan akan berhasil atau masih memerlukan revisi untuk menyempurnakan program-program pengembangan sumber daya manusia berikutnya.

           Strategi pengembangan sumber daya manusia yang dapat dilakukan oleh perusahaan yaitu;

  1. Memberikan kesempatan pada setiap karyawan untuk menyelurkan ide dan gagasan pribadi mereka masing-masing, karena di dalam suatu perusahaan, karyawan juga harus berkontribusi dalam mengembangkan perusahaan atau sebagai roda penggerak suatu perusahaan. Sehingga, ide dan gagasan dari setiap karyawan juga perlu didengarkan dan dipertimbangkan oleh pihak perusahaan.
  2. Memberikan penghargaan (reward) kepada karyawan yang bertujuan untuk membuat karyawan lainnya agar termotivasi untuk dapat menjadi lebih baik. Hal tersebut nantinya akan memberikan kontribusi yang besar terhadao oerusahaan dalam mengembangkan perusahaan.
  3. Mengadakan program-program pelatihan bagi karyawan. Terdapat beberapa jenis pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang dapat dilakukan. Diantara, skill traininf, retraining atau pelatihan ulang, dan creativity training.

 

 

 

 

Artikel bisa dilihat di https://ardanakonsultan.com/artikel/strategi-pengemb…untuk-perusahaan/