Strategi Mengatasi Keraguan dalam Berkarier di Masa Depan

            Memiliki pikiran negatif akan suatu hal memang merupakan hal yang lumrah dalam kehidupan kita,. Namun, kita juga dapat melatih pikiran kita untuk dapat mengidentifikasi pikiran negatif tersebut dan membentuknya menjadi pikiran yang positif. Pikiran negatif yang kerap terjadi dalam kehidupan kita salah satunya adalah keragu-raguan. Sifat keragu-raguan itu dapat muncul didalam karier kita.

            Kesuksesan kita dalam berkarier sangat dipengaruhi oleh kekuatan dan keinginan untuk melangkah lebih maju. Untuk dapat mencapai kesuksesan, kita harus melewati berbagai cobaan yang membuat kita lebih dewasa dan matang. Perjalanan karier terkadang tidak berjalan mulus sesuai dengan yang kita harapkan. Memang menjalani karier atau membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Perasaan takut untuk gagal dan ragu akan kemampuan diri kita sendiri tidak jarang membuat kita merasa ingin mundur dan merasa ragu untuk meneruskan perjuangannya.

             Namun, ketika keinginan untuk sukses itu besar, maka kita harus dapat mengatasi keraguan yang ada dalam diri kita. Berikut strategi yang dapat kita lakukan untuk dapat mengatasi keraguan terhadap karier di masa depan kita;

  1. Pahami setiap keraguan yang datang

            Pada saat keraguan menghampiri kita, kita perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebab dan kita juga perlu mencari tahu darimana datangnya keraguan yang sedang kita alami. setelah mencari tahu penyebabnya, segeralah tentukan cara apa yang dapat kita lakukan untuk dapat mengubah semua keraguan yang ada di dalam diri kita.

  1. Percaya diri dan selalu optimis

           Pada saat kita mengalami sebuah kesulitan dan membuat kita ragu terhadap masa depan diri kita sendiri, berpikirlah positif dan selalu optimis merupakan cara yang paling tepat untuk mengatasinya. Kita harus tetap merasa optimis dan percaya diri untuk dapat mengatasi berbagai masalah dalam karier kita.

  1. Jangan terlalu terobsesi dengan kesempurnaan

            Akan sangat sulit jika kita ingin agar semuanya serba sempurna sesuai dengan keinginan kita. Jadilah pribadi yang penuh dengan rasa semangat dan janganlah pantang menyerah, tetapi jangan juga terlalu merasa terobsesi dengan kesempurnaan.

  1. Carilah “penyuntik” semangat

            Kita dapat mencari teman untuk sharing untuk membuat pemikiran kita lebih berkembang agar dapat menghadapi dan melihat masalah dalam berbagai sudut pandang. Kita tidak perlu menyewa seorang motivator atau psikolog profesional untuk melakukannya. Kita dapat mempercayakan kepada teman, keluarga atau pasangan kita untuk memberikan kita semangat dalam berkarier dimasa depan.

  1. Berani mengambil kesempatan

             Seringkali, kita tidak berani mengambil kesempatan dikarenakan rasa ragu pada diri kita sendiri atau adanya orang lain yang meragukan kemampuan kita. Alhasil, kita merasa overthinking dan merasa khawatir akan perubahan dan kegagalan.

             Tanpa kita sadari, keraguan itu datangnya dari dalam diri kita sendiri. Jadi tinggal bagaimana cara kita menyikapinya. Apakah kita berani mengambil risiko yang ada di depan mata kita atau kita lebih memilih untuk mundur begitu saja. Ketika kita berani mengambil risiko, maka kita perlu fokus dengan hal-hal yang sudah kita pilih.

  1. Mengikuti kata hati

              Banyak orang yang menyesal karena merasa salah mengambil keputusan. Jadi sebelum kita mengambil sebuah tindakan yang akan kita lakukan, maka kita perlu menanyakan pada diri kita sendiri “untuk apa dan siapa anda melakukan ini?”. Jika tujuan kita hanya demi menyenangkan orang lain dan untuk menentang kata hati kita, maka jangan pernah melakukannya.

 

 

 

 

Artikel bisa dilihat di https://ardanakonsultan.com/artikel/strategi-mengata…er-di-masa-depan/