Pentingnya Manajemen Talenta bagi Perusahaan

            Manajemen talenta adalah serangkaian proses sumber daya manusia dalam mengidentifikasi, mengelola dan mengembangkan kemampuan seseorang berdasarkan kinerja yang dimiliki dengan tujuan mendapatkan karyawan yang sesuai dengan pekerjaan yang diharapkan oleh perusahaan. Manajemen talenta merupakan sebuah proses sumber daya manusia yang muncul pada tahun 1990-an dan terus diadopsi lebih banyak oleh perusahaan. Oleh karena itu, semakin banyak perusahaan yang menyadari bahwa talenta dan keterampilan karyawan benar-benar sangat berperan dalam mendorong perusahaan menjadi lebih sukses.

            Manajemen talenta pada dasarnya adalah gabungan inisiatif yang dilakukan oleh perusahaan untuk dapat menciptakan keunggulan bisnisnya dengan mengoptimalkan karyawan bertalenta. Kunci dari manajemen talenta ini pada proses mengidentifikasi, mengembangkan dan mempertahankan karyawan bertalenta untuk dapat terus menciptakan keunggulan bisnis bagi perusahaan. Manajemen talenta juga dapat diartikan sebagai proses analisis, pengembangan dan pemanfaatan talenta yang berkelanjutan dan efektif untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Talenta yang dimiliki oleh seorang karyawan melibatkan semua jenis elemen, mulai dari kualifikasi pendidikan dan keterampilan, pengalaman, sampai kepada kemampuan, potensi, kualitas dan kepribadian.

Tujuan dari manajemen talenta yaitu:

  1. Mengembangkan tim unggulan yang terbaik dalam kondisi bisnis yang penuh dengan persaingan
  2. Mengembangkan peluang-peluang karir yang diperlukan, yang dapat mempertahankan dan menarik karyawan terbaik
  3. Membangun budaya yang mampu mendorong karyawan terbaik menunjukkan kinerjanya di puncak potensinya
  4. Memastikan adanya peluang-peluang bagi karyawan yang paling bertalenta untuk dapat meningkat dengan cepat.

Manfaat dari manajemen talenta yaitu:

  1. Tersedianya secara terus-menerus karyawan yang dapat mencapai potensi terbaik mereka masing-masing
  2. Membantu perusahaan untuk menjawab tantangan bisnis
  3. Memupuk loyalitas para karyawan yang telah bekerja di perusahaan
  4. Mampu mengembangkan reputasi publik untuk menjadi tempat kerja yang bagus
  5. Dapat memasuki wilayah pasar baru dan dapat bersaing dengan kompetitor

Tahapan yang dapat kita lakukan untuk melakukan proses manajemen talenta, yaitu:

  1. Menetapkan Kriteria Talenta (Talent Criteria)

              Tahap ini memperjelas posisi-posisi kunci, posisi-posisi paling penting, posisi-posisi yang memiliki risiko tertinggi. Pada tahap ini dilakukan serangkaian aktivitas untuk menetapkan kriteria calon pemimpin berkualitas di perusahaan pada setiap level dan posisi yang didalamnya berisikan kualitas, karakter pribadi, pengetahuan bisnis dan fungsional, pengalaman karir, kinerja dan assignment potensi.

  1. Menyeleksi Group Pusat Pengembangan Talenta (Talent Pool Selection)

             Pada tahap ini dilakukan segala macam usaha untuk mengoleksi kandidat-kandidat dari berbagai posisi, jabatan dan level karyawan di perusahaan untuk menjadi peserta program manajemen talenta. Pada tahap ini juga dilakukan seleksi talenta yang terdiri dari dua unsur yaitu mengidentifikasi talenta dan menarik talenta untuk masuk dalam grup pusat pengembangan talenta.

  1. Membuat Program Percepatan Pengembangan Talenta (Acceleration Development Program)

            Tahap ini kita melakukan segala macam usaha untuk merancang, merencanakan dan mengeksekusi program-program pengembangan yang dipercepat yang diberikan kepada setiap anggota dari program manajemen talenta.

  1. Membuat Program Kunci (Key Position Assignment)

             Pada tahap ini dilakukan penugasan dan penempatan atas setiap anggota dari program manajemen talenta yang telah lulus evaluasi kelayakan kepemimpinan untuk menduduki jabatan-jabatan yang telah diidentifikasi sebelumnya.

  1. Mengevaluasi Kemajuan Program (Monitoring Program)

              Pada tahap ini dilakukan segala aktivitas untuk memonitor, memeriksa dan mengevaluasi kemajuan setiap aktivitas. Mengevaluasi pengembangan serta hasil-hasil kemajuan yang dibuat peserta program manajemen talenta dalam setiap penugasan yang diberikan kepadanya sebagai dasar membuat keputusan-keputusan suksesi dan promosi.

 

 

 

Artikel bisa dilihat di https://ardanakonsultan.com/artikel/pentingnya-manaj…-bagi-perusahaan/