Pentingnya Manajemen Strategis bagi Perusahaan

             Manajemen strategis adalah suatu proses untuk perencanaan, implementasi (penerapan), dan pengendalian strategi bagi organisasi atau perusahaan, dimana untuk mendukung strategi juga dengan menentukan misi dan tujuan perusahaan atau organisasi tersebut, untuk menghadapi lingkungan eksternal yang selalu berubah. Menurut Berney, manajemen strategis dapat dipahami sebagai proses pemilihan dan penerapan strategi-strategi. Sedangkan strategis itu sendiri adalah pola alokasi sumber daya yang memungkinkan organisasi-organisasi dapat mempertahankan kinerjanya. Sedangkan menurut Grant, strategis juga dapat diartikan sebagai keseluruhan rencana mengenai penggunaan sumber daya untuk menciptakan suatu posisi yang menguntungkan. Dengan kata lain, manajemen strategis terlibat langsung dengan pengembangan dan implementasi strategi-strategi dalam kerangka pengembangan keunggulan bersaing.

            Fokus dari manajemen strategis terletak dalam memadukan manajemen, pemasaran, keuangan atau akunting, produksi atau operasi, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasii komputer guna mencapai keberhasilan perusahaan. Manajemen strategis dapat dikatakan efektif apabila dapat memberi tahu seluruh karyawan mengenai sasaran bisnis, arah bisnis, kemajuan kearah pencapaian sasaran dan pelanggan, persaing dan rencana produksi suatu perusahaan. Komunikasi juga merupakan kunci dari keberhasilannya manajemen strategis. Manajemen strategis terdiri atas 3 (tiga) proses, yaitu;

  1. Pembuatan strategi

             Pembuatan strategi ini meliputi pengembangan misi dan tujuan jangka panjang, mengidentifikasi peluang dan ancaman dari luar serta kekuatan dan kelemahan organisasi, pengembangan alternatif-alternatif strategi dan penentuan strategi yang sesuai untuk diadopsi.

  1. Penerapan strategi

             Penerapan strategi ini meliputi penentuan sasaran-sasaran operasional tahunan, kebijakan organisasi, memotivasi karyawan dan mengalokasikan sumber daya agar strategi yang telah ditetapkan sebelumnya daoat diimplementasikan.

  1. Evaluasi atau kontrol strategi

             Evaluasi atau kontrol strategi meliputi usaha-usaha untuk memonitor seluruh hasil dari pembuatan dan penerapan strategi, termasuk mengukur kinerja individu dan organisasi, serta mengambil langkah-langkah perbaikan jika diperlukan.

             Dengan menggunakan manajemen strategis sebagai suatu kerangka kerja untuk menyelesaikan setiap masalah strategis di dalam organisasi terutama berkaitan dengan persaingan, maka manajer juga perlu diajak untuk berpikir lebih kretaif atau berpikir secara strategis. Pemecahan masalah dengan menghasilkan dan mempertimbangkan lebih banyak alternatif yang dibangun dari suatu analisa yang lebih teliti akan lebih menjanjikan suatu hasil yang menguntungkan. Terdapat beberapa manfaat yang diperoleh organisasi apabila menerapkan manajemen strategis, yaitu;

  • Memberikan arahan jangka panjang yang akan dituju
  • Membantu organisasi beradaptasi pada perubahan-perubahan yang terjadi
  • Membuat suatu organisasi menjadi lebih efektif
  • Mengidentifikasi keunggulan komperatif suatu organisasi dalam lingkungan yang semakin berisiko
  • Aktifitas pembuatan strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan untuk mencegah munculnya masalah di masa datang
  • Keterlibatan karyawan dalam pembuatan strategi akan lebih memotivasi mereka pada tahap pelaksanaannya
  • Aktifitas yang tumpang tindih akan berkurang

            Kunci keberhasilan dalam strategi adalah mengkombinasi sejumlah aktivitas untuk memasang posisi unik dalam suatu industri. Keunggulan kompetitif seharusnya muncul ketika kita melakukanaktivitas yang berbeda dengan yang dilakukan oleh pesaing kita. strategi lebih berkaitan dengan memutuskan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak dilakukan. Strategi menggambarkan tindakan-tindakan berlandaskan tujuan yang akan diambil suatu perusahaan dalam mendapatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Perusahaan yang memiliki keunggulan yang kompetitif memberikan nilai unggul kepada pelanggan. Pada setiap situasi yang kompetitif, pemenang adalah mereka yang memiliki strategi yang lebih baik.

 

 

 

 

Artikel bisa dilihat di https://ardanakonsultan.com/artikel/pentingnya-manaj…-bagi-perusahaan/