Mengelola untuk Mencapai Efektivitas Bisnis

Apakah tugas utama manajer bisnis? Tugas utama manajer bisnis adalah berjuang keras untuk memperoleh hasil ekonomi terbaik dengan sumberdaya yang dewasa ini digunakan atau tersedia. Hal lain yang diharapkan atau mungkin ingin dilakukan oleh seorang manajer adalah kinerja ekonomi dan hasil yang menguntungkan selama beberapa tahun ke depan. Bahkan jenis tugas manajemen lainnya seperti menilai tanggung jawab sosial perusahaan dan peluang kultural tidak boleh dilewatkan begitu saja. tentu saja sebagian besar dari hal ini tidak terlepas dari penghargaan individu manajer itu sendiri, yaitu uang dan jabatan. Oleh karenanya, semua kesekutif bisnis menghabiskan sebagian besar atau mungkin semua waktu mereka untuk masalah kinerja ekonomi jangka panjang. Mereka sangat memerhatikan biaya dan penetapan harga, penjadwalan dan penjualan, pengendalian kualitas dan customer service, pembelian serta pelatihan.

Tugas manajer adalah bekerja – suatu pekerjaan yang sangat keras, penuh tuntutan, dan berisiko. Seorang manajer tahu cara mengelola tugas untuk mengatur efektiivtas ekonomi dan bagaimana melakukannya agar terarah dan berhasil.

  1. Apa tugas manajer?

Tugas manajer adalah mengarahkan sumberdaya dan usaha bisnis pada peluang untuk membuahkan hasil yang signifikan secara ekonomi. Setumpukkan waktu, pekerjaan, perhatian, dan uang, pertama-tama akan bermuara pada ‘masalah’ alih-alih peluang serta pada bidang-bidang yang bahkan kinerja luar biasa yang sukses hanya berdampak minimal terhadap hasil.

  1. Apa masalah utama yang ada di dalamnya?

Pada dasarnya ini adalah suatu kerancuan antara efektivitas dan efisiensi yang berdiri di antara melakukan hal yang benar dan melakukan sesuatu dengan benar. Tentu saja tidak lebih sia-sia selain melakukan sesuatu yang seharusnya tidak perlu dilakukan meskipun dengan efisiensi luar biasa. Namun, semua alat berfokus pada efisiensi. Maka yang diperlukan adalah;

  1. Cara untuk mengidentifikasi bidang-bidang yang efektif (di mana terdapat kemungkinan munculnya hasil yang signifikan)
  2. Suatu metode untuk berkonsentrasi pada efektivitas dan efisiensi
  3. Apa prinsip yang digunakan untuk mendefinisi dan menganalisis masalah?

Secara umum, hal ini pun telah diketahui dengan baik. Perusahaan bisnis bukan fenomena alami, melainkan satu bagian dari masyarakat. Namun dalam situasi sosial, kejadia tidak tersebar sesuai dengan ‘distribui normal’ alam semesta. Dalam situasi sosial, sebuah kejadian yang jumlahnya sangat kecil berdampak 90% dari semua hasil, sedangkan sebagian besar kejadian hanya berdampak 10% atau kurang dari hasil.

Berikut langkah efektif dalam situasi bisnis aktual yang pernah ditemukan, setidaknya sebagai pendekatan pertama, yaitu;

  1. Langkah ke-1 Analisis – pada tahap ini manajer harus mengetahui fakta yang ada. Manajer harus mengidentifikasi:
  • Peluang dan biasa produk yang sebenarnya
  • Potensi kontribusi dari berbagai aktivitas staf
  • Pusat biaya yang signifikan secara ekonomi
  1. Langkah ke-2 Alokasi – pada tahap ini manajer harus mengalokasikan sumberdaya sesuai dengan hasil yang diantisipasi. Untuk ini manajer harus mengetahui:
  • Bagaimana sumberdaya dialokasikan saat ini
  • Bagaimana sumberdaya sebaiknya dialokasikan di masa depan untuk mendukung aktivitas yang memberikan peluang besar
  • Langkah apa yang diperlukan untuk beralih dari sesuatu yang sedang menjadi yang seharusnya
  1. Langkah ke-3 Keputusan – manajer harus dipersiapkan untuk dapat mengambil keputusan menyangkut produk, aktivitas staf atau pengeluaran yang menjadi pangkal kekacauan dan bukannya memberikan peluang dan hasil. Biasanya sumberdaya produktif dari hal penting atau potensi apa pun seharusnya tidak dialokasikan pada ketiga hal tersebut. Tetapi mana yang harus ditinggalkan sama sekali? mana yang harus dipertahankan dengan usaha seminimum mungkin? mana yang dapat diubah menjadi peluang besar? dan apakah membuat perubahan semacam itu akan membutuhkan biaya?

 

 

 

 

Artikel dapat dilihat di https://ardanakonsultan.com/artikel/mengelola-untuk-…ektivitas-bisnis/