Konsep Human Capital Management

             Human Capital Management berkaitan dengan mendapatkan, menganalisis, dan melaporkan data yang menginformasikan arah strategi penambahan nilai, investasi, dan keputusan operasional manajemen sumber daya manusia baik di tingkat korporasi maupun di lini depan. Jadi, pada dasarnya Human Capital Management berkaitan dengan nilai.

             Human Capital Management berkait dengan pengukuran, namun bukan sekedar pengukuran, melainkan pengukuran yang mempunyai maksud.Karakteristik utama Human Capital Management adalah penggunaan ukuran untuk memandu pengelolaan sumber daya manusia sebagai aset. Human Capital Management juga menekankan bahwa keunggulan kompetitif organisasi diperoleh melalui investasi strategi pada aset manusia. Investasi tersebut dilakukan melalui program engagement retention karyawan, talent management, serta learning and development. Dengan demikian Human Capital Management berfungsi untuk menjembatani antara strategi sumber daya manusia dengan strategi bisnis.

            Human Capital Management juga dapat didefinisikan secara lebih luas tanpa menekankan pada pengukuran. Human Capital Management adalah upaya terintegrasi dalam mengatur dan mengembangkan kemampuan manusia untuk memperoleh tingkat kinerja yang lebih tinggi (Chatzkel, 2004). Sedangkan menurut Kearns (2005) Human Capital Management adalah pengembangan menyeluruh potensi manusia untuk mencapai nilai organisasi. Human Capital Management diyakini menciptakan nilai melalui sumber daya manusia. Human Capital Management meruakan filosofi yang menyatakan bahwa pengembangan sumber daya manusia yang bermanfaat hanyalah pengembangan yang diterjemahkan menjadi nilai.

                     Tujuan Human Capital Manajemen terbagi atas 4 (empat) sasaran;

  1. Menunjukkan kontribusi sumber daya manusia terhadap bisnis dan nilai bagi pemegang saham.
  2. Membuktikan secara kuantitatif nilai yang dihasilkan praktik manajemen sumber daya manusia (misalnya dalam bentuk ROI).
  3. Menyediakan pedoman pengembangan strategi sumber daya manusia dan bisnis ke depan.
  4. Memberi informasi mengenai strategi dan praktik untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan sumber daya manusia.

              Mengapa harus Human Capital Management? Karena evaluasi dan pelaporan Human Captal Management merupakan keharusan untuk mempertahankan kinerja jangka panjang. Informasi Human Capital Management sangat penting untuk mendukung organisasi dalam mengelola pengetahuannya. Selain itu, Human Capital Management menawarkan analisis, perumusan, dan pelaksanaan kebijakan berbasisi fakta. Sebelumnya banyak proyek sumber daya manusia yang diluncurkan berdasarkan naluri, tanpa kriteria keberhasilan keantitatif.

Human Capital Management dan Manajemen Sumber Daya Manusia

            Apakah Human Capital Management merupakan entitas yang sama sekali terpisah dari manajemen Sumber Daya Manusia? Atau sebenarnya Human Capital Management adalah aspek manajemen Sumber Daya Mnausia yang menyoroti signifikansi pengukuran Human Capital? Menurut Mayo (2001) perbedaan esensial antara Human Capital Management dan manajemen Sumber Daya Manusia adalah bahwa Human Capital Management memperlakukan manusia sebagai aset, sedangkan manajemen SDM memperlakukan manusia sebagai biaya. Dalam Human Capital Management manusia adalah penambahan nilai, bukan suatu pengeluaran tamabahan, sementara pada manajemen Sumber Daya Manusia, manusia adalah biaya yang signifikan sehingga harus dikelola dengan baik.

            Konsep manajemen Sumber Daya Manusia startegis sama dengan definisi luas Human Capital Managemen. Hal ini ditunjukkan oleh Dyer dan Holder (1998) mengenai ciri-ciri utama manajemen Sumber Daya Manusia strategis;

  1. Tingat Organisasi, karena strategi mencakup keputusan tentang tujuan utama, kebijakan utama, dan alokasi sumber dya, strategi cenderung dirumuskan di tingkat atas.
  2. Fokus, strategi adalah motor bisnis dan berfokus pada keefektifan organisasi. Pada perspektif ini, manusia dilihat sebagai sumber daya yang harus dikelola untuk mencapai tujuan startegis bisnis.
  3. Kerangka, strategi memberi kerangka penyatu yang luas dan integratif. Strategi menyatukan seluruh kelengkapan tujuan Sumber Daya Manusia dan aktivitas yang dirancang khusus untuk memenuhi lingkungan saat ini dan secara mutual memperkuat atau bersinergi.

              Sebenarnya manajemen Sumber Daya Manusia dan Human Capital Management memperlakukan manusia lebih dari sekadar aset. Masing-masing memfokuskan pada pentingnya mengadopsi pendekatan yang terintegrasi dan startegis dalam manajemen manusia yang menyangkut seluruh stakeholder dalam organisais, bukan hanya orang-orang dalam fungsi manajemen. Jadi bagaimana konsep Human Capital memperkuat atau menambah konsep manajemen Sumber Daya Manusia?

  • Menekankan signifikansi manajemen berbasis pengukuran. Sasarannya adalah membangun kaitan yang jelas antara intervensi Sumber Daya Manusia dengan kesuksesan organisasi.
  • Memberi panduan mengenai apa yang diukur bagaimana mengukurnya, dan bagaimana melaporkan hasil pengukuran.
  • Menggarisbawahi pentingnya penggunaan pengukuran untuk membuktikan bahwa manajemen manusia yang unggul akan memberikan hasil yang unggul dan untuk menunjukkan arah langkah strategis amnajemen Sumber Daya Manusia.
  • Menekankan pentingnya strategi dan proses manajemen Sumber Daya Manusia untuk menciptakan tujuan organisasi.
  • Mengidentifikasi kaitan antara manajemen Sumber Daya Manusia dengan startegi bisnis
  • Memperkuat keyakinan bahwa manusia adalah aset bukan biaya
  • Menekankan bahwa peran profesional Sumber Daya Manusia adalah memberi kontribusi strategis terhadap keberhasilan bisnis.

             Konsep Human Capital Management melengkapi dan memperkuat konsep manajemen Sumber Daya Manusia. Jadi, konsep Human Capital Management tidak menggantikan konsep manajemen Sumber Daya Manusia. Baik Human Capital Management dan manajemen Sumber Daya Manusia dapat dianggap sebagai komponen vital dalam proses manajemen manusia dan keduanya membentuk dasar untuk memperoleh keungulan human capital melalui strategi berbasis sumber daya.

 

 

Artikel dapat dilihat di https://ardanakonsultan.com/uncategorized/konsep-human-capital-management/