Disiplin Dalam Inovasi

Pengusaha sukses pada umumnya meraih kesuksesan bukan karena memiliki sejenis kepribadian tertentu, tetapi karena adanya komitmen untuk menerapkan inovasi secara sistematis. Inovasi adalah fungsi spesifik dari kewirausahaan, baik dalam bisnis yang sudah ada, institusi pelayanan publik, atau spekulasi individu baru. Inovasi adalah alat bagi pengusaha untuk menciptakan sumberdaya baru yang memproduksi kekayaan atau memberi peningkatan potensi sumberdaya yang sudah ada untuk menciptakan kekayaan.

Inovasi dapat berasal dari kalitan genius. Namun, kebanyakan inovasi khususnya inovasi yang berhasil adalah hasil pencarian dengan penuh kesadaran dan bertujuan mengantisipasi munculnya peluang inovasi, yang hanya ditemukan dalam segelintir situasi. Perusahaan atau industri memiliki empat junis peluang, yaitu;

  1. Kejadian tidak terduga

Pertama, pikirkan tentang sumber peluang inovasi termudah dan paling sederhana, yaitu sesuatu yang tidak terduga.  Kegagalan tidak terduga dapat menjadi sumber peluang inovasi yang sama pentingnya. Kesuksesan dan kegagalan tidak teduga adalah semacam peluang inovasi yang produktif karena sebagai besar bisnis mengesampingkannya, mengabaikannya, dan bahkan menyepelekannya.

Pengakuan pertama tentang adanya peluang yang mungkin muncul biasanya diterapkan pada suatu bidang di mana perusahaan mengerjakan lebih baik dari yang sudah dianggarkan. Jadi, bisnis yang bersifat wirausaha memiliki dua “halaman pertama” yaitu halaman masalah dan halaman peluang, serta seharusnya manajer menghabiskan waktu yang sama bagi keduanya.

  1. Keganjilan

Keganjilan di dalam logika dan ritme proses semacam ini hanyalah salah satu kemungkinan dari mana peluang inovasi dapat muncul. Sumber lainnya adalah keganjilan di antara kenyataan ekonomi. Keganjilan antara ekspektasi dan hasil juga dapat membuka peluang bagi inovasi.

  1. Kebutuhan terhadap proses

Siapa pun yang pernah mengendarai mobil di Jepang tahu bahwa negara itu tidak memiliki sistem jalan raya yang modern. Jalan-jalannya masih mengikuti jalur yang disediakan bagi kereta sapi pada abad ke-10/ satu hal yang membuat sistem dapat bekerja untuk mobil dan truk adalah adaptasi dari penggunaan reflektof yang biasa digunakan di jalan raya AS sejak awal tahun 1930. Reflektor membuat setiap mobil dapat melihat mobil lain yang mendekat dari arah lain di persimpangan. Penemuan kecil ini, yang memungkinkan lalu lintas bergerak dengan lancar dan dengan jumlah kecelakaan minimum, menggali suatu kebutuhan terhadap proses.

  1. Perubahan industri dan pasar

Manajer boleh saja percaya bahwa sturktur industri diurapi oleh Tuhan, tetapi struktur ini dapat dan sering berubah dalam semalam. Perubahan semacam itu menciptakan peluang yang sangat besar terhadap kemunculan inovasi. Dengan cara yang sama, perubahan dalam struktur industri telah menciptakan peluang inovasi yang masif untuk penyedia jasa perawatan kesehatan bagi orang AS.

Ketika sebuah industri mengalami pertumbuhan yang cepat maka strukturnya akan berubah. Perusahaan mapan yang berkonsentrasi untuk mempertahankan apa yang telah mereka miliki, cenderung untuk tidak membalas serangan ketika pendatang baru menantang mereka. Sebenarnya ketika struktur industri atau pasar berubah, pemimpin industri tradisional sekali lagi akan mengabaikan segmen pasar yang mengalami pertumbuhan paling cepat.

Peluang yang baru jarang sekali cocok dengan cara pendekatan terhadap pasar, cara mendefinisikannya, atau cara pengaturan yang biasa digunakan oleh industri. Oleh karenanya, inovator memiliki peluang yang baik karena untuk jangka waktu yang cukup lama mereka tidak memiliki pesaing.

Tiga sumber peluang terletak di luar perusahaan dalam lingkungan sosial dan intelektualnya, yaitu perubahan demografi, perubahan persepsi dan pengetahuan baru. Benar, sumber ini tumpang tindih, mereka mungkin berbeda dalam bentuk risiko, kesulitan, serta kompleksitasnya dan potensi untuk inovasi mungkin terdapat di lebih dari satu bidang dalam satu kurun waktu. Tetapi ketiga sumber peluang ini bersama-sama memegang peran bagi sebagian besar peluang inovasi yang luar biasa.

Prinsip-Prinsip Inovasi

Inovasi yang sistematis dan bertujuan dimulai dari analsis terhadap sumber peluang baru. Sumber peluang baru memiliki kepentingan yang berbeda pada waktu yang berbeda, tergantung pada konteksnya. Karena inovasi bersifat konseptual dan mudah dipahami, maka seorang inovator sebaiknya pergi keluar dan melihat, bertanya dan mendengarkan.

Inovasi yang sukses menggunakan keduanya, yaitu sis kanan dan kiri otak. Mereka berkembang secara analitis tentang suatu inovasi yang harus memenuhi suatu peluang. Kemudian mereka keluar dan melihat pada pengguna potensial untuk mempelajari ekspektasi, nilai, dan kebutuhan penggunanya.

Agar efektif, sebuah inovasi haruslah sederhana dan fokus. Inovasi seharusnya hanya melakukan  satu hal; jika tidak inovasi akan membuat orang bingung. Inovasi yang efektif dimulai dari keci. Inovasi bukan sesuatu yang megah. Hal terpenting, inovasi adalah sesuatu yang bekerja dan bukannya sesuatu yang genius. Inovasi memerlukan pengetahuan. Inovasi sering memerlukan kecerdikan. Inovasi memerlukan fokus.

Dalam inovasi, seperti juga usaha lainnya, terdapat bakat, kecerdikan, dan pengetahuan. Tetapi ketika semua terlah dikatakan dan dikerjakan, maka yang dibutuhkan oleh inovasi adalah kerja keras, fokus, dan tujuan. Jika tidak ada ketekunan, kegigihan, dan komitmen, maka tidak ada juga bakat, kecerdikan, dan pengetahuan.

 

 

 

Artikel dapat dilihat di https://ardanakonsultan.com/artikel/disiplin-dalam-inovasi/