Berpikir Secara Efektif untuk Mendapatkan Hasil

Apa yang disebut dengan berpikir? Berpikir yaitu;

  1. Mengolah dalam hati; meditasi; mempertimbangkan; mencari alasan; memberikan perhatian berkelanjutan; seperti untuk mencapai suatu keputusan; memahami atau menyelesaikan.
  2. Mengemban dalam hati, merenung atau mengingat.
  3. Mengantisipasi atau mengharap.

Tiga definisi ini memberikan gambaran yang cukup lengkap bagi kita mengenai apa yang disebut berpikir. Berpikir di saat ini terutama untuk memecahkan masalah; berpikir di masa lalu adalah mengingat; dan berpikir di masa mendatang adalah mengantisipasi.

Ketiga aktivitas ini sangat penting. Hidup kita seacar berkelanjutan dipengaruhi oleh cara kita menyelesaikan masalah kita, baik kecil maupun besar. Mengingat penting untuk menyelesaikan masalah; kenangan kita adalah pengalaman dan pengetahuan kita, dan saya tidak perlu mengingat Anda bahwa jauh lebih mudah untuk menyelesaikan masalah bila Anda mempunyai pengalaman menyangkut hal tersebut. Antisipasi adalah memperhitungkan atau merencanakan. Untuk memecahkan persoalan atau membuat keputusan, kita harus memikirkan hasilnya. Memikirkan hasil adalah mengantisipasi.

A.B. Alcott berkata, “berpikir berarti hidup, karena orang yang tidak berpikir tidak hidup dalam arti tinggi atau sebenarnya. Berpikir adalah ciri khas manusia”. Berpikir dengan jelas dan dengan efektif adalah aset paling besar dari umat manusia. Kita secara terus-menerus diingatkan bahwa keunggulan yang dimiliki manusia atas binatang lain adalah untuk berpikir.

Berpikir secara efektif adalah seni, dan suatu seni harus dilestarikan dengan terus dilatih dan digunakan, seperti melukis dan musik. George Bernard Shaw pernah berkata kepada diri sendiri, “Hanya sedikit orang yang berpikir lebih dari dua atau tiga kali setahun. Saya mempunyai reputasi internasional untuk diri saya sendiri dengan berpikir sekali atau duakali dalam seminggu.”

Sering sekali pikiran kita kabur dan keliru. Keadaan ini mungkin tidak seburuk dari tidak berpikir sama sekali, tetapi ini juga tidak baik.  Hanya mengetahui alasannya, sumber, dan penyebab berpikir tidak benar merupakan alat bantu berharga untuk menghindari sumber ini. Anda akan menemukan beberapa diantaranya.

Salah satu alasannya adalah hingar-bingat dari zaman kita hidup sekarang ini. Banyak orang menghabiskan paling sedikit sepertiga waktu dalam sehari dalam pekerjaan yang lambat dan berat, tipe membosankan yang tidak mengharuskan Anda untuk berpikir atau lebih umum, mereka tidak berpikir ada yang perlu dipikirkan. Bagian lain dari jam kita berjaga (tidak tidur) mungkin dihabiskan untuk duduk-duduk di depan pesawat televisi. Disini, sekali lagi, biasanya tidak perlua atau tidak ada desakan untuk berpikir. Atau orang menghabiskan film horo, sisa waktunya mungkin dipakai untuk membaca surat kabar dan komik, dan seterusnya sampai waktu untuk tidur.

Ingat, tidak ada energi tambahan yang diperlukan apabila menggunakan otak Anda dibandingkan energi yang diperlukan untuk membuat otak tetap hidup, jadi Anda tidak perlu takut untuk menggunakan otak. Tampaknya benar bahwa kehidupan, sering kali merupakan pertempuran dari kecerdasan; jadi mengapa terlibat dalam pertempuran itu tanpa senjata? Belajarlah untuk menggunakan mekanisme paling fantastis yang ada – otak Anda.

 

 

 

Artikel dapat dilihat di https://ardanakonsultan.com/uncategorized/berpikir-secara-…endapatkan-hasil/