Analisis Jabatan

            Dalam sebuah perusahaan, untuk dapat memanajamen sumbe daya manusia dengan baik membutuhkan analisis jabatan. Analisis jabatan bertujuan untuk memperoleh informasi jabatan dalam setiap karyawan dalam rangka pelaksanaan pogram pendayagunaan aparatur, baik dibidang kepegawaian, kelembagaan dan ketatalaksanaan. Hasil dari analisis tersebut dapat berusah sebuah deskripsi maupun spesifikasi sebuah jabatan.

            Analsis jabatan merupakan sebuah kegiatan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan suatu jabatan dan pekerjaan dengan persyaratan tertentu. Analisis jabatan juga dapat diartikan sebagai proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan dan pengkajian data jabatan menjadi informasi jabatan dalam rangka pendayagunaan Aparatur Pemerintah. Untuk dapat mengidentifikasi sebuah tugas harus melakukan pengumpulan data mengenai jabatan. Informasi yang diolah dari analisis ini biasanya digunakan untuk kepentingan yang berhubungan dengan sumber daya.

            Analisis jabatan atau job analysis merupakan sebuah eksplorasi yang sistematis sebuah jabatan. Dengan melakukan sebuah studi dan juga pencatatan tanggung jawab seperti tugas dan keterampilan yang dimiliki. Analisis jabatan memiliki beberapa tujuan yang menjadikan sebuat perusahaan mengharuskan untuk melakukan analisis akan jabatan. Berikut beberapa tujuan dari analisis jabatan;

  1. Faktor Penunjang dalam Proses Manajerial

             Sebuah perusahaan tentu harus diatur sedemikian rupa agar mampu berjalan secara efektif. Sebuah proses manajerial juga merupakan langkah yang harus dilakukan secara tepat. Untuk dapat mencapai hal tersebut, membutuhkan analisis jabatan agar dapat melakukan proses secara tepat.

             Proses manajerial memerlukan sebuah tahap yang menjadikan seorang manajer harus jeli dalam memahami karyawannya. Dengan analisis jabatan, seseorang akan dengan mudah ditempatkan pada posisi yang sesuai.

  1. Sarana Proses Rekrutmen

             Ketika perusahaan hendak melakukan sebuah penyegaran karyawan, tentu mengharuskan untuk melakukan rekurtmen, dengan tujuan untuk menentukan apa orang yang hendak menduduki jabatan dalam pekerjaan perusahaan tersebut. Dengan analisis jabatan perusahaan mampu menunjukkan kualifikasi dan keterampilan yang ada pada kandidat. Tidak hanya itu, emosional seseorang serta keahlian pribadi dalam melakukan sebuah pekerjaan juga dapat terlihat ketika melakukan analisis jabatan dan tentunya perusahaan dapat mendapatkan seseorang yang tepat dalam mengisi posisi yang ada.

  1. Mengetahu Kinerja Karyawan

              Kinerja seorang karyawan akan berimbas pada keefektifan kegiatan sebuah perusahaan. Dengan adanya analisis jabatan, perusahaan akan mampu untuk memeriksa apakah tujuan dan juga sasaran yang ada pada karyawan sudah tercapai. Hal tersebut biasanya dikarenakan analisis pekerjaan membantu dalam menentukan standar suatu pekerjaan. Tentunya seluruh kinerja karyawan akan lebih mudah diukur dan juga dinilai sesuai dengan standar yang ada.

  1. Adanya Manajemen Kompensasi

             Sebuah analisis jabatan sangat penting untuk mennetukan besarnya paket gaji seorang karyawan, tunjangan dan insetif. Keadaan dan juga tanggung jawab dalam mengemban tugas dapat dilihat dengan mudah menggunakan analisis jabatan. Adanya analisis jabatan memudahkan dalam menentukan kompensasi yang harus diberikan oleh manajer sumber daya manusia kepada karyawan.

  1. Sarana Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

              Analisis jabatan dapat digunakan untuk menilai akan kebutuhan dan juga pengembangan seorang karyawan, manajemen juga dengan mudah menentukan bagaimana pelatihan yang harus dilakukan untuk mengembangkan kinerja karyawan tersebut. Dari pelatihan yang tepat untuk diberikan kepada karyawan akan mendapatkan sebuah hasil yang sesuai dengan rencana perusahaan.

  1. Meningkatkan Produktivitas

             Hal yang paling penting bagi sebuah perusahaan ketika menerapkan analisis jabatan yaitu kemampuan produktivitas yang meningkat, yang dapat berimbas pada pendapatan perusahaan itu sendiri. Ketika sebuah produktivitas perusahaan mampu berjalan dengan baik, kecil kemungkinan perusahaan tersebut mengalami kemunduran. Peluang perusahaan untuk berkembang justru lebih banyak.

                    Terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika perusahaan menerapkan analisis jabatan;

  1. Memeahkan Sebuah Masalah tentang Kepegawaian

             Ketika seorang karyawan memiliki masalah dalam menjalankan tugasnya, hal ini dapat dengan mudah diatas dengan menggunakan analisis jabatan. Kemampuan dalam menangkap masalah terhadap kepegawaian menjadi manfaat yang bisa didapatkan.

  1. Penempatan Posisi Tenaga Kerja

            Analisis jabatan yang dilakukan dapat menangkap posisi seperti apa yang tepat untuk seorang karyawan. Adanya kesesuaian antara keterampilan, kemampuan akan menjadi langkah yang tepat bagi sebuah perusahaan dalam menempatkan seorang karyawan.

  1. Sebagai Sarana Promosi Jabatan

            Promosi jabatan terkadang perlu untuk meningkatkan skill karyawan. Dengan adanya analisis jabatan akan mampu memilih seseorang yang tepat untuk melakukan promosi jabatan. Hal ini berimbas pada tanggung jawab yang hendak diberikan pada karyawan tersebut.

  1. Penambahan Sebuah Organisasi

            Ketika terdapat kekurangan dalam sebuah organisasi adanya informasi yang diberikan dari analisis jabatan akan digunakan sebagai saran pembenahan. Hal ini akan menjadi keuntungan bagi perusahaan karena dapat memberikan sebuah kebijakan baru.

                    Pentingnya analisis jabatan:

  1. Menjamin akan Arus Kerja

             Dalam sebuah arus kerja, terdapat sebuah keterkaitan antara pekerja yang satu dengan lainnya. Ketika salah satu dari pekerjaan tersebut belum memahami bagaimana pekerjaan yang seharusnya, tentu kegiatan perusahaan akan terhenti dan tidak efektif.

  1. Terhindar dari Tumpang Tindih

             Meskipun dalam bidang yang berbeda, namun terkadang ada karyawan yang mengerjakan pekerjaan yang sama. Hal ini akan berimbas pada kurangnya tanggung jawab yang ada. Dengan adanya analisis jabatan akan mampu mengatasi hal tersebut.

  1. Penentu Kualitas Sumber Daya Manusia

             Sebuah sumber daya manusia menjadi penentu bagaimana perusahaan bergerak. Kesadaran akan kualitas sumber daya manusia ini akan memberikan persaingan terhadap bagaimana sebuah perusahaan dijalankan.

  1. Menjadi Sarana Tumbuh Kembangnya Perusahaan yang Ada

              Ketika mampu memiliki sebuah sumber daya yang terampil, tentu menjadi kunci sukses tumbuh kembangnya perusahaan. Hal ini sangat jelas ketika melakukan analisis jabatan, dapat menjadi jembatan sebuah perusahaan untuk dapat berkembang lebih baik. Pada dasarnya sebuah perusahaan memang harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas tersebut tentunya menjadi langkap untuk dapat diterapkan pada posisi jabatan yang tepat. Dengan analisis jabatan dapat menjadi cara yang paling sistematis untuk dapat memajukan perusahaan.

 

 

 

Artikel bisa dilihat di https://ardanakonsultan.com/uncategorized/analisis-jabatan/